Rabu, 30 Maret 2016

1,1 Juta Meter Kubik LNG Diterima FSRU Lampung Hingga 9 Bulan ke Depan Sebagai Fasilitas PT PGN



PT PGN LNG adalah salah satu anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) yang mengelola Fasilitas Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) Lampung . PT PGN LNG akan menerima kargo gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) pada April tahun ini. Heri Yusuf sebagai Sekretaris Perusahaan PGN menyatakan bahwa, FSRU Lampung menerima dan menyalurkan 8 kargo atau setara 1,1 juta meter kubik LNG dari awal April hingga akhir tahun.

FSRU adalah sebuah terminal terapung yang di dalamnya dilengkapi dengan fasilitas untuk menampung LNG dan fasilitas untuk mengubah LNG menjadi gas (regasifikasi). Kapasitas yang dimiliki FSRU Lampung yaitu penampung LNG 170.000 m3 dan kemampuan regasifikasi 240 MMSCFD (juta kaki kubik per hari).

FSRU Lampung terletak di lepas pantai, yang berjarak sekitar 21 km dari Labuhan Maringgai, Lampung. LNG harus melalui proses regasifikasi (mengubah dalam bentuk cair menjadi gas) sebelum disalurkan. Gas tersebut mengalir melalui pipa bawah laut menuju ke stasiun penerima di Laburan Maringgai yang terhubung dengan pipa South Sumatera West Java (SSWJ), sehingga gas tersebut dapat didistribusikan ke pelanggan PGN di Jawa Bagian Barat dan Sumatera Bagian Selatan.

Produksi minyak dan gas bumi di Indonesia bagian Barat saat ini cenderung menurun, sehingga sangat diharapkan keberadaan FSRU Lampung ini dapat mendukung pemanfaatan sumber gas di luar wilayah Indonesia bagian Barat untuk dimanfaatkan bagi kebutuhan gas bagi Sumatera Bagian Selatan dan Jawa Bagian Barat.

Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar